Wednesday, 15 February 2017

Contoh membuat program Java 2 Mobile Edition (J2ME)

Contoh program Java 2 Mobile Edition (J2ME)-, J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang focus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedit daya dari batere layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah. Sebelum masuk Contoh membuat program java mobile edition(J2ME) alangkah baiknya kita mengenal program J2ME.

Program J2ME, seperti semua program JAVA adalah diterjemahkan oleh VM. Program-program tersebut dikompile ke dalam bytecode dan diterjemahkan denga Java Virtual Machine(JVM).Ini berarti bahwa program-program tersebut tidak berhubungan langsung dengan perangkat. J2ME menyediakan suatu interface yang sesuai dengan perangkat. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak harus dikompile ulang supaya mampu dijalankan pada mesin yang berbeda. IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah lingkungan pemrograman (programming environment) yang memiliki GUI builder, text atau code editor, compiler dan/atau interpreter dan debugger. Dalam hal ini, NetBeans Mobility Pack juga memiliki device emulator. Fasilitas ini bisa membuat kita melihat program kita pada device yang sesungguhnya.

MIDlet mulai hidup ketika MIDlet dibuat oleh Application Management System (AMS) pada device. Agar kita dapat membuat MIDlet, kita harus membuat subclass dari MIDlet class dari javax.microedition.midlet package. Kita juga harus melakukan override atau implement Pada method: startApp(), destroyApp() dan pauseApp(). Method-method tersebut adalah method yang diperlukan oleh AMS untuk menjalankan dan mengkontrol MIDlet.
Langsung saja kita menuju Contoh membuat program java 2 Mobile Edition(J2ME) :

1. Buatlah sebuah project baru dengan cara akses menu File-> New Project
2. Pilih Categories Java ME (Mobile Edition) kemudian pilih project Mobile Application
3. Akan muncul kotak dialog dan isi sesuai keinginan anda contoh :Project Name : HelloWorld, Check Set as Main Project dan Klik Finis.
4. Selanjutnya Buatlah sebuah file MIDlet dengan cara seperti digamabar:
5. Akan muncul kotak dialog, isikan sesuai ini MIDlet Name : HelloMidlet Kemudian klik Finish
6. Setelah itu kita tulisakan perintah kode programnya sesuai dibawah ini:

* @author asus */
public class HelloMidlet extends MIDlet implements CommandListener { Display display;
Command exitCommand = new Command("Exit", Command.EXIT, 1); Alert helloAlert;
public HelloMidlet(){ helloAlert = new Alert("Hello MIDlet", "Hello, world!", null, AlertType.INFO);
helloAlert.setTimeout(Alert.FOREVER);
helloAlert.addCommand(exitCommand);
helloAlert.setCommandListener(this);
}
public void startApp() { if (display == null){
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(helloAlert);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean unconditional)
}
public void commandAction(Command c, Displayable d){ if (c == exitCommand){
destroyApp(true); notifyDestroyed(); // Exit
}
}
}

8. Jalankan program “klik kanan HelloWord – Pilih run
9. Finis program sudah berjalan selamat anda berhasil

Penjelasan program:

public HelloMidlet(){ helloAlert = new Alert("Hello MIDlet", "Hello, world!", null, AlertType.INFO);
helloAlert.setTimeout(Alert.FOREVER);
helloAlert.addCommand(exitCommand)
helloAlert.setCommandListener(this)
}

Method addCommand() pada object Alert memberikan perintah "Exit“ pada layar. Method setCommandListener() memberikan informasi kepada sistem untuk memberikan semua command events ke MIDlet.

public class HelloMidlet extends MIDlet implements CommandListener {
Code "implements CommandListener" adalah untuk command/key presses, sehingga program kita mampu menghandle "command" events. Jika kita melakukan implement CommandListener, kita harus membuat method commandAction().

public void commandAction(Command c, Displayable d){ if (c ==exitCommand){
destroyApp(true); notifyDestroyed(); // Exit
}
}
commandAction() diatas hanya menghandle request untuk perintah "Exit". Method diatas akan menghentikan program menggunakan notifyDestroyed() jika perintah "Exit“ dijalankan atau ditekan.

public void startApp() { if (display == null){
display = Display.getDisplay(this);
}
display.setCurrent(helloAlert);
}

Code diatas adalah bagian awal dari program kita ketika program kita sudah siap untuk ditampilkan oleh AMS. Perlu diingat bahwa method startApp() mungkin / bisa dimasukkan lebih dari sekali seperti pada daur hidup MIDlet. Jika MIDlet berhenti / dihentikan, seperti bila ada telepon masuk, program akan masuk ke state berhenti (pausedApp). Jika panggilan sudah selesai AMS akan kembali ke program dan memanggil method startApp() lagi. Method display.setCurrent() memberikan informasi ke system bahwa kita menginginkan object Alert untuk dimunculkan ke layar. Kita dapat mendapat tampilah object dengan memanggil method statis Display.getDisplay().

Sekian tutorial contoh membuat program java 2 Mobile edition(J2ME), jika ada yang salah mohon dimaafkan karena manusia tidaka ada yang sempurna apalagi sebuah program tidak ada yang sempurna, semoga artikel ini bermanfaat. Salam Sukses
Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment